Wednesday 19 March 2014

2 Hari 1 Malam di Malaysia (Part 2)

Lanjutan dari Part 1
Bangun pukul 05.00 waktu Kuala Lumpur. Langsung ambil wudhu, sholat Subuh trus lanjutin tidur lagi. Setengah sadar kedengeran suara adzan, gw liat jam, wah jam 6 lebih sedikit. Bujug dah... ternyata disini subuhnya jam 6 lebih. Jiaaahhh kepagian...

Selesai siap-siap, jam 9 gw checkout dari hotel. Eh iya berhubung pas waktu masuk hotel gw dimintain deposit RM 50. Pas checkout gw balikin remote AC dan TV, gw dikasih balik duit deposit gw.

Hari ini tujuan gw adalah belanja buat beli oleh-oleh trus pulang pake penerbangan terakhir AirAsia. Tujuan belanja gw adalah Jalan Petaling (Chinatown/Petaling Street) dan Central Market/Pasar Seni.

Dari hotel, gw jalan kaki ke halte Ain Arabia/HSBC. Naik bus GoKL yang warna purple (ungu). Turun di Petaling, trus jalan kaki sedikit. Gw celingak-celinguk, kok banyak yang tutup.. Wah ternyata gw kepagian, ya akhirnya nongkrong dulu cari makan. tetep lah kalo makan cari rumah makan India, Halal dan murah.

Menu sarapan gw kali ini, roti canai minumnya tetep, tea-o-ais. Sudah pada tau roti canai kan? Ya gitu deh, roti kaya kulitnya kebab trus dikasih kuah kari atau semacam kuah yang ada dimasakan padang. Lumayan buat pengganjal perut dan harganya RM 2.10 murah meriah bro. banyak juga orang-orang yang kliatannya mo berangkat kerja mampir disitu.

Kenyang... trus lanjut ke Jalan Petaling lagi, sasaran gw sih beli kaos gambar menara Petronas atau  yang ada tulisan Malaysia nya. Setelah keliling-keliling akhirnya ada pakcik-pakcik nawarin kaos, ukuran kecil RM 5, ukuran all size kena RM 6. Dasarnya gw nya ga bisa nawar, yah dapetnya segitu-gitu acan. Orang jual barang-barang kw/tiruan banyak disini, arloji GShock, hp Samsung tiruan.. banyak dah, intinya tetep waspada.

Gantungan kunci, disini harganya dibandrol RM 5 / set. 1 set isi 6 pcs. Gw akhirnya beli 3 set alias 18 pcs, yah lumayan lah buat dibagi-bagi ma temen-temen. Ini emang penyakitnya orang-orang kita, semakin banyak yang tau kita mo pergi keluar negri, semakin banyak lah yang minta oleh-oleh. Niat backpacker buat menghemat anggaran bisa jadi gagal kalo caranya begini. Semuanya dihitung amal sodakoh.. yaa sudah mo gimana lagi, namanya budaya... ngikut dah.

Muter-muter mulu kehausan nih, gw mampir ke tempat orang jual minuman. Gw baca papan namanya AIR MATA KUCING, wah sangar nih namanya, kebayang kucing-kucing dianiaya trus airmatanya dibikin minuman pake es batu. Jegerrrrr...!!!

Woww.. ternyata cuman namanya doang sangar, rasanya seperti es cao atau orang Surabaya biasa bilang es janggelan. Tapi seger bener, berasa dingin di tenggorokan. Apalagi siang-siang di Kuala Lumpur suhunya panas bener. Harga 1 bungkus RM 1.80 kalo tak pakai es batu RM 2.30.

Lanjut beli camilan, yang terkenal di sini adalah buah berangan atau chestnut. Ini semacam biji-bijian. Entah biji durian/pongge atau biji nangka/beton gw ga tau pastinya. Yang jelas mirip.

Buah berangan ini di sangrai di dalam tong dengan biji kopi atau semacam rempah-rempah gitu, gw juga ga paham. Tp baunya wangi-wangi kopi gitu. Harganya RM 5 untuk 350gr, atau RM 7 untuk 500gr. gw beli RM 5 aja. Whuaa... Anjrit..!! Ternyata masih panas sodara-sodara...  Fyi, kalo lu mo beli buah berangan sebetulnya di jalan alor pun ada, tapi lebih murah kalo beli di Petaling.

Lanjutin jalan ke Central Market/Pasar Seni. Disini tempatnya orang beli-beli souvenir. Kalo gw bandingin sih, harganya lebih mahal dari Petaling.

Disini gw cuman jalan-jalan doang, muter-muter, habis itu balik lagi ke halte bus di dekat Petaling. Naik bis GoKL ke Terminal Pudu Raya, terminal ini tujuan bermula dan berakhirnya bus GoKL Purple.. Turun di terminal Pudu Raya, gw cuman oper ke GoKL purple yang paling depan, trus berangkat lagi. Sepanjang jalan gw liat emang budayanya beda dengan Indonesia, jalanan lebih bersih dan lebih rapi.

Seperti yang gw bilang di tulisan gw yang pertama (Part 1) bis ini melewati KL Tower, cuman gw sudah capek banget trus juga dari halte masih jalan kaki lumayan jauh. ya akhirnya gw cuman lewatin doang. Liat dari bis sudah cukup lah.
KL Tower (Wikipedia)

Sebetulnya tujuan gw mo ke KL Sentral, trus balik ke LCCT pulang. cuman karena gw  pengen ngrasain monorail lagi ya akhirnya gw naik GoKL turun di Bukit Bintang, jalan kaki sedikit ke Bukit Bintang Monorail Stesen. Naik monorail turun di KL Sentral.

Kalo kemarin pas tiba dari LCCT ke KL Sentral gw naik AEROBUS, kali ini gw ogah naik bus. Coz gw pikir sih, sudah biasa. Nah gw kepikiran mau coba kereta api cepat KLIA Transit. Sebenernya sih, tujuan kereta api ini adalah ke terminal KLIA, berhubung pesawat gw AirAsia pake LCCT, bisa naik KLIA Transit turun di Salak Tinggi, trus naik shuttle bus ke LCCT. Nah lagi-lagi ini hebatnya Malaysia, tiketnya beli di KL Sentral itu sudah termasuk KLIA Transit+Bus LCCT. Terintegrasi.. Mantap!

KLIA Transit (wikipedia)

Dalamnya bersih, interiornya lega. kecepatannya mantap. Ayunan suspensinya juga lembut, ga bikin loncat-loncat.

Perjalanan ke salak tinggi sekitar 30 menitan kali, gw ga perhatiin jam soalnya. Lewat Bandar Tasik Selatan trus Cyberjaya/Putrajaya. Dikiri kanan terhampar kebun kelapa sawit. Turun di Salak Tinggi sudah menunggu bis yang akan mengantar ke LCCT. Disepanjang perjalan naik bus ini pemandangan sama juga, kebun kelapa sawit, eh melewati sirkuit Sepang juga. Ternyata ga jauh dari LCCT posisinya.
Yang bisa gw bilang, Intinya kalo dari KL Sentral - LCCT, mending naik KLIA Transit daripada bus. Ya meskipun naik bus lagi di Salak Tinggi Stesen, setidaknya ga lama-lama jenuh. Trus waktunya bisa lebih cepat. Lebih mahal dari AEROBUS. Tarif KLIA Transit+Bus = RM 12.50

Nyampe di LCCT perut laper lagi, cari makan disini mahal bener. Air mineral ukuran 600ml harganya RM 3, Roti Canai yang di Petaling RM 2.10 sudah termasuk minum, disini jadi RM 12 belom minum . Akhirnya gw liat papan petunjuk Food Court (bahasa malay nya Medan Selera). Gw ikutin aja petunjuknya trus lurus keluar LCCT melewati tempat parkir bus dan taksi. Ah sialan, Makanan favorit gw dah habis.. tau kan? yaaa betul.. NASI LEMAK... terpaksa ganti menu lain, Nasi goreng kampong, ya mirip nasi goreng di Indonesia sih, cuma ga pake saus tomat, jadi warnanya kecoklatan biasa. yang berasa beda adalah, ada campuran ikan Bilis. Ikannya kecil-kecil, mirip ikan teri. Rasanya gurih nian.. ga rugi bayar RM 6.40.

Demikian reportase saya, kalo ada kurangnya mohon dimaafkan, kalo ada lebihnya mohon dikembalikan. hehehee

Sampai jumpa di reportase travelling berikutnya.. See U..!!!