Monday 17 March 2014

2 Hari 1 Malam di Malaysia (Part 1)

Awal mula, gw dapat tiket promo AirAsia, Surabaya - Kuala lumpur PP = 390rb. Meski penerbangannya 8 bulan kemudian gpp lah.. asal bisa backpackeran. Bener-bener dah.,. Now, everyone can fly...
Gw berangkat hari Senin 10 maret 2014, pagi jam 05.40 (penerbangan pertama). Setelah 3 jam, pesawat mendarat di terminal LCCT Kuala Lumpur, jauh dari bayangan gw, terminalnya sederhana banget, diadu sama Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya pun masih jauh. 






Turun dari pesawat, langsung antri di imigrasi. Ditanya-tanyain, tujuan kemana, ada perlu apa, sama siapa.. ya standarlah pertanyaan imigrasi.

Lolos dari jeratan petugas imigrasi (jiah jeratan, berasa kena cukong trafficking :P), gw turun kebawah, tujuan gw mo ganti kartu hp. Gw ganti operator pake DIGI. Kalo buat gw sih murah.. Gw bayar RM 21 (RM 1 = RP 3600). Dapat pulsa bicara & sms RM 16, trus free internet 3 hari. cukup laaah.. baru gw tau setelah call keluarga dirumah, ternyata biayanya murah banget sekali call (1 menitan) kena 30 sen. Keren abis nih kartu.


















Saatnya cari angkutan menuju KL Sentral Kuala Lumpur, dari hasil browsing di internet, yang paling murah adalah naik AEROBUS, RM 8 sampai ke KL Sentral. Bisnya lumayan, warna kuning mencolok.
Jarak sekitar 40-50KM ditempuh sekitar 1 jam. Jalanannya bagus bro, lebar dan mulus. ga seperti di Indonesia kl pas musim hujan, berasa lewat kawah gunung bromo,wtf. Disekeliling ga ada bagusnya buat diceritain... cuman kebun kelapa sawit doang.





Sampai di KL Sentral tengah hari, gw langsung lanjut ke Genting. dilantai bawah KL Sentral gw langsung beli tiket bus GoGenting. Sesuai yang gw dapet dari browsing di internet, gw langsung beli tiket PP, biar di Genting ga pake antri lagi. Wow ternyata bisnya OK  loh.. pake SCANIA, tarikannya maknyusss.. seatnya nyaman banget, berasa naik bus eksekutif.














Sampai di Genting trus langsung naik gondola, tiketnya sudah temasuk tiket bus tadi.
Tinggi banget, kalo sampe jatuh dah ditungguin malaikat isroil kali tuh dibawah.. hiii....
Jaraknya lumayan, sekitar 3 - 4 KM, melintasi bukit-bukit hutan tropis. Kalo dipake jalan kaki mungkin seharian. Kalo misalkan naik mobil paling-paling bisa 2 jam kali. So, angkat jempol buat Pemerintah Diraja Malaysia.













Jadi kepikiran, kalo Gunung Bromo, melintasi laut pasir dikasih gondola kaya beginian, wuuaahhh lebih keren pastinya..
Habis muter-muter di Genting, capek. balik lagi ke Kuala lumpur. Naik bis GoGenting lagi, tapi ampun dah, kali ini sopir bisnya ugal-ugalan.. full speed, mana turun bukit lagi.. Gw yang duduk di bangku paling belakang berasa dikocok-kocok (jiaah dikocok, emang apaan?? :P).

Kalo yang di Jawa Timur pasti tahu lah bis SK (Surabaya-Jogja/Semarang), atau yang di Jawa Tengah, tahu lah sama bis R*la (Purwodadi-Solo). Ini mungkin pak sopirnya satu angkatan sama mereka or jangan-jangan mantan sopir disini trus jadi TKI di Malay, ah bodo amat dah. Mata gw pokoknya merem ajah, dari pada muntah malah bikin bete, mana ga bawa kantong plastik... alamaak jang...

Nyampe di KL Sentral, berhubung hotel gw di kawasan Bukit Bintang, gw naik monorail. Monorail Stesennya ada di seberang KL Sentral, jadi habis turun bus, jalan terus keluar gedung.. ikutin orang-orang dah.. mereka banyak yang mo naik monorail.













Baru kali ini gw naik monorail, excited beud, goyang-goyang kaya naik odong-odong brooo, trus juga didalem bersih banget, ga ada sampah berceceran. Seandainya di Surabaya ada monorail.. mantap bener dah.. Menghubungkan Bandara Juanda - Terminal Purabaya - Terminal Joyoboyo - Pelabuhan Tanjung Perak - Terminal Osowilangun. Waduuh... Keeerennn. Tar brooo, tunggu tahun 2040, gw jadi presiden dulu.













Turun di Stesen Bukit Bintang, jalan kaki sebentar, sampalah ke hotel yg gw pesen. Sabrina Golden Palace Hotel. Masuk hotel ini rasanya aneh, musti masuk lorong kecil tangga ke lantai 2, dilantai 1 dibuat tempat pijat refleksologi tau apalah.. gw ga minat blas.. ternyata emang dikawasn Bukit Bintang ini, kebanyakan hotel modelnya begitu. Yah namanya hotel kelas backpacker. 

Nyampe di meja resepsionis, ternyata resepsionisnya orang India ga bisa bahasa melayu, waduh... macam mana pula ni Pakcik.. tak boleh cakap malay??? Sepertinya di Malaysia perlu pendidikan kewarganegaraan atau PPKn deh. Masa bahasa nasionalnya sendiri ga bisa. Kebayang kan kalo lu mo nginap di hotel di pulau Madura trus resepsionisnya ga bisa bahasa Indonesia, bisanya cuman bahasa Madura sama Inggris, Jiiaaahhh.. Tapi ya sudah lah, pake bahasa inggris versi ilmu laduni saja.. sambil inget-inget pelajaran bahasa inggris pas jaman SMP-SMA dulu.. Fiuhh.. untungnya bahasa inggrisnya masih sama kaya dulu.. :P
Gw sodorin form hasil booking lewat www.pesankamar.com ternyata aman-aman saja, klir... tidak ada masalah (terima kasih pak Gabriel Michael, bosnya pesankamar.com). Langsung masuk kekamar. Menurut gw sih lumayan untuk kelas RM 92, kamar mandi didalam pake shower, toilet, AC dan TV, cuman agak sempit memang.

Malemnya gw jalan-jalan ke KLCC/Petronas Twin Tower. Dari hotel gw jalan kaki ke Ain Arabia (halte bus dekat gedung HSBC). disitu nungguin bis GoKL, istimewanya, ini bis gratis buat keliling KL sampe puas, biar lebih dramatis gw ulangi lagi, GRATISSS...!! Bis GoKL ini ada 2 rute, rute 1 Green, menuju ke KLCC/menara Petronas. Rute 2 Purple, menuju ke Petaling/Pasar seni sampe KL Tower. Lagi-lagi bikin sesek dada ni.. kapan ada ya di Indonesia fasilitas kaya begini...???














Nyampe di Menara Petronas sudah ramai orang poto-poto. lampunya Petronas yang bling-bling bikin berdecak kagum, orang-orang pada poto-poto pake kamera hp, pocket sampe DSLR sambil berguling-gulingan di lantai.. buset dah.. pada mo poto tapi malah kaya belajar berenang...
Tapi gw pikir-pikir, sayang juga sudah jauh-jauh ke Kuala Lumpur ga poto-poto. Akhirnya dengan perasaan super duper narsis tingkat dewa, gw pun ikut-ikutan nungging cari angle buat poto.. Ah bodo-bodo amat dah..Hehehee....













Puas narsis-narsis di Petronas Twin Tower, gw balik naik GoKL Green ke Bukit Bintang. Tujuan gw cari makan di Alor Street (Jalan Alor), deket hotel, sekitar 300 meter kali. Kalo ke KL mah, Jalan Alor ini destinasi yang wajib dikunjungi, sorganya kuliner. Puas-puasin dah.. harganya juga relatif ga terlalu mahal.. Kaum Backpacker biasanya ngumpulnya disini. Semakin malam semakin rame, ada live music juga.. Hanya satu kata dari gw.. Kereennn..












Kiri kanan isinya orang jualan makanan dan minuman, kebanyakan chinese food. Jadi kalo mau cari makanan Halal musti hati-hati.. waspadai PORK alias Babi..
Gw cari makanan aman ajah, masuk ke rumah makan India muslim, dijamin halal dan murah meriah.













Menu Favorit gw, nasi lemak. Minumnya es teh manis, kalo bahasa melayunya tea-o-ais. Kena RM 6.30. sudah kenyang. O iya, beli air minum kemasan RM 1, trus balik ke hotel, Tidur. Bersiap untuk jalan-jalan esok hari.

Capek gw cerita terus.. besok gw bikinin cerita part ke-2, yang pas gw belanja ke Petaling Street, Central Market trus naik kereta KLIA Transit.. See U..!

Klik untuk Lanjutan Part 2 >>

3 comments:

  1. bujuk busyeet...cerita backpackeran ke KL nya menarik dan lengkap banget gan. diulas runtun mulai dari tiket pesawat sampai penginapan dan transportasi

    ditunggu part 2..dan seterus.. selamat berbagi

    kl bisa artikel ini dishare ke twitter dan fa gan, karena disana banyak tmen temen yang membutuhkan.

    slm sukses selalu dari jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maturtengkyu masbro..
      sekedar berbagi, biar yang mau backpacker ke KL ada sedikit pandangan.
      Part 2 nya menyusul...

      Delete